28 September 2009

Cinta VS Belahan Jiwa

By : CJenz
Pernahkan kamu merasa terjebak di tengah – tengah dua cowok yang sama – sama kamu sayangi ? Seperti dalam buku sekuel New Moon dimana Bella Swan sang tokoh utama mengatakan bahwa Edward Cullen adalah belahan jiwa-nya namun di saat yang bersamaan ia juga mencintai Jacob Black. Tentu sangat sulit untuk memilih di antara dua orang yang berarti dalam hidup kita, karena kehilangan salah satu- nya akan membuat kita merasakan ada sesuatu yang kurang atau tidak lengkap. Saat tiba waktu kita harus memilih ,sebenarnya bagaimana cara kita membedakan belahan jiwa dan cinta ?
Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan kasih terhadap seseorang. Cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut, walaupun terkadang kita masih mengharapkan balasan. Cinta tidak datang pada seseorang yang mencarinya. Cinta tumbuh karena saat sedang mengalami kesulitan, yang pertama kali terlintas di kepala kamu adalah dirinya, atau dengan kata lain ia adalah sahabat terbaik kamu. Tanpa diduga ia pkamui menenangkan hati kamu. Begitupun ketika bahagia, kamu tahu pada siapa kebahagiaan itu akan dibagi. Manakala kalian berdua selalu bisa menikmati bersama semua aspek kehidupan. “Cinta dimulai ketika seseorang menemukan bahwa kebutuhan orang lain sama pentingnya dengan kebutuhannya sendiri.” (Harry Stack Sullivan). Cinta dapat dilihat dari bahasa tubuh dan sikapnya selama ini, terlihat jelas, dia memperlakukan Kamu sebagai orang terpenting dalam hidupnya,.dan mampu menerima kamu apa adanya.Setiap Kamu berbicara padanya, tak sedetik pun perhatiannya beralih. Ia pendengar yang baik, bisa mendengarkan kamu bicara berjam-jam lamanya tanpa rasa bosan, penuh perhatian dan mengerti apa yang benar – benar kamu inginkan. Seringkali tanpa diucapkan, kalian bisa saling tahu cuaca hati masing-masing. Meski bukan paranormal, kalian seperti bisa saling membaca pikiran dan menduga reaksi, serta perasaan dia pada situasi dan kondisi tertentu.
Cinta bukan hanya sekedar mencari seseorang yang akan membuat Kamu tertawa saja namun seseorang yang akan membuat Kamu menjadi orang yang bahagia dan lebih produktif. Cinta dapat timbul dari cara kamu tertawa, sebab, tertawa ternyata memainkan peranan penting dalam suatu hubungan. Tertawa sangat efektif –seperti halnya tatapan mata. Dan nyatanya, tanpa disadari, banyak orang yang menggunakan trik tertawa untuk menunjukkan kondisi emosional dan cara merespons sesuatu.

Belahan Jiwa bukanlah pasangan hidup yang mempunyai kesamaan dalam segala hal. Namun belahan jiwa adalah pasangan hidup yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi. Sehingga kekurangan di satu pihak akan terisi oleh kelebihan di pihak yang lain begitu pula sebaliknya. Jadi belahan jiwa bagaikan hati di belah dua, sesuatu yang kelihatan sama tapi tidak sama karena yang satu ada disebelah kiri dan lainnya ada disebelah kanan. Bila keduanya disatukan jadilah bagaikan hati yang utuh dan sempurna. Belahan jiwa dapat pula dikamuikan bagai sebuah jiwa yang dibagi dua sama sisi. Yang satu dengan yang lain akan disebut sebagai jiwa yang utuh bila keduanya bersatu. Namun bila keduanya terpisah maka jiwa tersebut tidaklah utuh dan selalu merana karena ketidak utuhan tersebut. Jadi belahan jiwa bukanlah seperti pasangan yang mempunyai belahan jiwa yang sama- sama sebelah kiri dan bukan pula yang sama-sama sebelah kanan. Karena bila keduanya disatukan akan tetap menjadi jiwa yang hanya punya sebelah tidak menjadi sesuatu yang utuh dan sempurna.
Bila seseorang sudah merasa sebagai belahan jiwa bagi pasangannya, maka dia akan merasakan apa yang bagian lain rasakan walaupun mereka berada pada jarak yang berjauhan. Mereka akan berkomunikasi dengan getaran jiwa masing-masing tanpa dapat dimengerti kejadian prosesnya. Atau dengan kata lain memiliki Twin Souls, dimana tanpa perlu bercerita, si dia tahu kapan kamu sedang kecewa atau sedih dan memerlkan pelukan hangat dan mengenal baik pribadi kamu. Dan saat sedang berdekatan kamu akan merasakan detakan jantung yang membuat darah mendidih sampai-sampai kamu ingin meremas tangannya dan memeluk tubuhnya. Yang jelas belahan jiwa kamu akan membuatmu selalu merasa nyaman berada di dekatnya, mendengarkan atau pun berbagi rahasia kepadanya tanpa adanya keraguan. Bahkan saking nyaman-nya kamu akan merasa sangat relaks dan bisa menjadi diri kamu sendiri setiap saat kamu bersama-nya. Karena itu mencari belahan jiwa tidak dilihat berdasarkan wajah atau bentuk tubuh, kekayaannya, status sosial, pendidikan atau keturunan. Selain saling menikmati kebersamaan, belahan jiwa akan selalu ada di sana saat kamu butuhkan, tak peduli seberapa parah masalah yang kamu hadapi. Belahan jiwa tidak harus memiliki pemikiran maupun perasaan yg sama, karena Sang Pencipta bukannya ingin menciptakan cetakan kamu, melainkan bagian jiwa kamu yg lainnya, yg tidak identik seperti yang kamu miliki sekarang ini. Belahan jiwa adalah pasangan yg akan melengkapi kekurangan yang ada di dalam diri kamu, bahkan ia juga akan dapat memenuhi kebutuhan rohani kamu.
Belahan jiwa merupakan orang yang dapat mengisi rasa kesepian kamu.
Tetapi dilain pihak apabila kamu telah menemukannya, maka pada saat kamu kehilangan dia, kamu akan merasa seperti juga kehilangan sesuatu yang paling berharga di atas dunia ini yg membuat kamu menjadi kesepian, terpencil dlm perasaan yang paling dalam yang akan selalu menghantui kamu siang dan malam. Disamping itu apabila kamu kehilangan pasangan jiwa kamu, ini tidak mungkin akan bisa digantikan oleh siapapun juga di kolong langit ini, sebab Allah hanya menciptakan satu saja belahan jiwa untuk kamu. Seorang belahan jiwa akan memberikan konstribusi besar dlm proses hidup kamu dan tanpa kehadirannya, hati kita akan merasa tersiksa berat, karena ketiadaannya. Berbeda dengan cinta, pada saat kita kehilangan cinta kesedihan yang kita rasakan hanya bersifat sementara dan selama – lamanya waktu yang diperlukan untuk pulih akan ada seseorang yang bisa menggantikan posisinya di hati kamu.
End.

No comments:

Quote of This Month!

Do Your Best or Do Nothing!!!